Jumat, 08 Agustus 2008

from dust to dust

gw baru aja pulang...
abis dari acara kremasi. jadi tadi gw ke dadap (baca: kampung halaman
) deh. hehehehe...

kenapa gw baru pulang langsung nge-blog?? karena gw pengen nyampein pesan yg cukup important. tadi, selama di krematorium, gw sempetin ngobrol2 ama saudara2 gw (yg notabene lebih tua dari gw). and guess what?? daritadi yg mereka omongin cuma kayak gini...

"inilah manusia, jadi debu lagi..."

"kita manusia ga ada apa2nya yah. kalo udah begini (baca: meninggal), tinggal nama doank..."

etc...


dan gw tadi jd merenung. iya jg yah... kita tuh hidup di dunia ini cuma kayak ngontrak. apalagi sekarang manusia cepet banget matinya. tadi aja pas di rumah duka, gw perhatiin yg meninggal tuh kebanyakan masih tergolong muda (30-60 thn). yg lebih dari 80 tahun cuma ada 2 orang doank.

tadi gw ngelayat saudara gw, suaminya cici (sepupu gw), and umurnya baru 53 tahun. masih tergolong muda. dan dia meninggal bisa dibilang tiba2. tiba2 stroke, koma 1 minggu, trus hari selasa kemaren meninggal.

shock banget yah klo jadi istrinya. daritadi aja gw ga tega ngeliat cici gw nangis melulu... rasanya menyayat hati banget. gw jd mikir, gmn kalo gw di posisi dia??? gmn rasanya kalo gw harus melepas kepergian suami gw. oh God... ga kebayang deh. rasanya mendingan ikut aja. pokoknya tadi gw ga bisa nahan empati gw deh. padahal gw udah berusaha tenang dengan baca buku (karena gw ga bisa ikut acara sembahyang-nya). tapi tetep aja gw ga tega denger cici gw nangis.

hasil renungan gw tadi siang...
gw mau selama gw hidup, gw pergunakan masa kontrak gw di dunia ini dengan sebaik2nya. supaya pas nanti gw "pulang", gw ga nyisain kesedihan buat orang2 yg gw sayang...

1 komentar:

~Nasya~ mengatakan...

Baru kali ini u ngomong ada benernya.. hehe..